Night Ride

Kegiatan di bulan Ramadhan 2007 (pindahan dari multiply).

Malam Minggu kemarin, jadi juga saya mencoba night ride/NR. Pengalaman ini merupakan kali pertama. Pada awalnya sempat ga pede kalo gowes malem, berhubung mata ini udah pake sambungan (kacamata). Bukan apa-apa, takutnya ga bisa ngelihat & jadinya malah nabrak.

Awalnya, Pak Yunus dari Tamansari Cycling Club (TCC) sms saya ngajak NR. Nah ini yang saya tunggu-tunggu. Itung-itung pengen nyoba sepeda (masak punya MTB tapi ga pernah dipake buat macul tanah/off road?). Langsung saja saya jawab OK, tapi kemudian saya malah bimbang mengingat sepeda belum ada lampunya. Terpaksa harus nyari lampu nih. Saya putuskan akan membeli lampu sepeda di toko sepeda dekat kantor (daerah tamansari). Tapi apa daya, rencana ini terpaksa dibatalkan, mengingat tidak mungkin meninggalkan kantor dalam waktu yang lama. So, harus dicari alternatif lain nih. Pilihan akhirnya jatuh pada lampu LED murmer buatan China (saya beli di proyek Senen @ Rp. 10.000). Dalam pikiran saya, lampu ini memiliki kesamaan dengan lampu sepeda yang asli (sama-sama pake LED & bisa kelap kelip) dan juga lebih tahan lama dibandingkan senter biasa (yang pake bohlam).

Hari Sabtu siang, setelah antar jemput istri, mulailah saya melakukan modifikasi memasang lampu LED. Saya pasang kedua lampu tersebut pada stem (atas dan bawah) dengan tali yang ada. Saya pasang dua-duanya karena kawatir kurang terang kalo cuman pake satu. Setelah selesai memasang lampu, masih ada yang harus saya lakukan. Nyetting rem depan. Yup, rem depan saya sedang bermasalah, dimana rotor selalu menggesek pad. Saya sudah coba nyetting berkali-kali masih tetap ga berubah. Akhirnya, cara terakhir ditempuh. Saya bongkar salah satu pad-nya & saya tipiskan dengan menggunakan amplas. Cara ini berhasil…!!!

NR dimulai pukul 22.30 dari Tamansari Persada. Rute yang dilalui : Tamansari Persada – Kampung – Billabong – Jl Raya Parung – Kemang Kiara – Kampung – Kebun Sawit – Pert Helikopter Atang Sanjaya – Tamansari Persada. Trek yang dilalui merupakan kombinasi antara aspal, tanah, dan makadam.

Di awal perjalanan, saya disambut oleh trek aspal. Trek ini sangat mudah dilalui, cuman masih butuh penyesuaian di beberapa tanjakan (maklum banyak simpanan nikotin di dalam dada). Tantangan yang sebenarnya baru ditemui saat rombongan melewati trek tanah di daerah persawahan yang berlumpur (hujan di sore hari membuat trek ini berlumpur). Gara-gara lumpur sepeda ga bisa digowes & kadang-kadang malah harus digotong. Yang pasti, membersihkan lumpur dari ban merupakan keasyikan tersendiri. Belum lagi adanya benang layang-layang yang cukup menggangu. Benang tersebut tersangkut di RD yang membuat saya tidak bisa ganti gigi (hal ini saya ketahui setelah NR, sewaktu nyuci sepeda).

Trek makadam (di daerah perbukitan/kebun sawit) juga cukup menantang. Medan yang menanjak dibarengi dengan RD yang macet benar-benar menguras stamina. Di sini beberapa kali rombongan beristirahat. Turun dari perkebunan, trek kembali ke aspal. Lagi-lagi trek ini bukan suatu masalah. Cuma sewaktu di trek ini, saya mengalami kram di kedua paha dikarenakan penggunaan gigi yang salah pada sebuah tanjakan (ya mau gimana lagi, wong ga bisa ganti gigi ). Tetapi setelah melakukan sedikit peregangan dan dioles counterpain, semuanya kembali normal. Akhirnya, rombongan mencapai garis finish. Waktu menunjukkan pukul 02.30, masih cukup waktu untuk sahur.

Dalam pandangan saya, secara keseluruhan trek NR kali ini sangat menantang & fun serta cocok untuk newB seperti saya. So… buat newB-newB lainnya boleh mencoba. Percuma kan, kalo ngerakit sepeda dengan spek XC/AM tapi ga pernah buat off-road?

One thought on “Night Ride

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s