100 Tahun Kebangkitan Nasional

Tidak terasa sudah 1 abad sejak berdirinya Boedi Oetomo. Sejak saat itu kita selalu memperingati tanggal 20 Mei sebagai hari kebangkitan nasional. Berdirinya Boedi Oetomo dapat dikatakan sebagai tonggak dimulainya perlawanan yang lebih terorganisir dalam menghadapi kolonialisme Belanda. Para intelektual muda di masa itu memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Mereka, yang notabene kalangan berada dan berpendidikan, menyingsingkan lengan baju untuk melawan penjajah.

Setelah 100 tahun berlalu, kita masih memperingati Hari Kebangkitan Nasional tiap tahunnya. Tapi apakah kita paham betul dengan intisari Kebangkitan Nasional? Bagi para pemuda/pelajar, anak-anak kita, apakah mereka juga paham akan arti kebangkitan nasional tersebut? Di tengah era globalisasi saat ini, dimana anak-anak lebih mengenal Naruto, Spiderman, dan tokoh-tokoh luar lainnya, saya sangsi mereka paham dan mengerti.

Capek rasanya kalau memikirkan hal ini. Semoga saja kita masih bisa untuk memberikan pengertian bagi anak-anak kita sehingga rasa nasionalisme di hati mereka tetap ada dan selalu tumbuh.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s