Creative Economy

Adalah ekonomi yang berbasiskan kreatifitas. Di negara maju, creative economy telah menjadi roda penggerak ekonomi yang tidak bisa lagi dianggap enteng. Sebagai contoh, di Amerika, industri hiburan yang terdiri dari film, musik, media, dan penerbitan memiliki nilai sangat besar. Selain itu, kita juga mengenal India yang memiliki industri film kaliber internasional.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Negeri kita ini rupanya tidak kalah dengan negara-negara lain. Musik Indonesia sudah mulai di-ekspor, walaupun sebatas ke negeri jiran. Konon, karena derasnya musik kita masuk ke Malaysia, artis-artis lokal di sana melancarkan protes. Selain musik, contoh lainnya adalah batik, dan meubel.

Saya membayangkan 3 produk ini dapat terus berkembang dan menghasilkan banyak devisa.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s