KOPI

Siapa yang tidak mengenal jenis minuman ini, hampir semua orang di dunia ini pasti mengenalnya. Minuman ini meduduki peringkat kedua sebagai jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi. Lebih dari 6 milyar orang menyerupu secangkir kopi setiap hari. Kopi juga merupakan komoditas terpenting nomor 2 setelah minyak bumi, dengan 500 milyar orang yang terlibat di dalamnya.

Kata coffee berasal dari bahasa Arab, qahwa, yang merupakan singkatan dari qahwa al bun yang berarti ‘anggur dari kacang’. Kata ini kemudian diadopsi oleh bangsa Turki (kahve), Italia (caffe), dan Inggris (coffee).

Pada umumnya kita mengenal 2 buah jenis kopi, yaitu Robusta (coffea canephora) dan Arabika (coffea Arabica). Kopi Arabika lebih cocok sebagai minuman dibanding Robusta karena memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan aroma yang lebih kuat.

Walau jenisnya sama, rasa dan aroma biji kopi berbeda-beda dipengaruhi oleh lokasi penanaman (daerah tumbuh) varietas (subspesies), dan cara pemrosesan. Beberapa daerah di Indonesia yang terkenal akan produksi kopinya antara lain adalah Jawa Timur, Lampung, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Sayangnya, saya baru mencoba kopi dari 2 daerah yaitu Jawa Timur dan Lampung.

Di Jawa Timur, masyarakat cenderung mencampur biji kopi dengan jagung atau beras dengan perbandingan 1:1. Sebagai contoh 1 kg biji kopi akan dicampur dengan 1 kg jagung atau beras. Semua bahan-bahan tersebut disangrai dan kemudian dihaluskan/digiling. Sedangkan kopi Lampung yang saya coba adalah benar-benar 100% murni biji kopi. Kopi ini saya peroleh dari seorang teman yang berasal dari daerah tersebut dan kebetulan orang tuanya memiliki perkebunan kopi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s