Pemadaman Bergilir PLN

Rabu, 28 Mei 2008,  listrik di rumah padam sejak pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Kamis, 29 Mei 2008, lagi-lagi listrik padam mulai dari pukul 17.30 WIB sampai pukul 20.30 WIB.

Saya berpikir, mungkin ada kerusakan jaringan PLN di sekitar daerah tempat tinggal saya. Eh, ga taunya, pemadaman disebabkan karena adanya gangguan pasokan listrik pada sistem transmisi Jawa-Bali. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari media (dan bukan dari PLN), gangguan tersebut disebabkan oleh tersendatnya suplai BBM ke 2 pembangkit, yaitu Tambak Lorok (Semarang) dan Muara Tawar (Bekasi).

Lagi-lagi masalah seperti ini terjadi. PLN dengan seenaknya melakukan pemadaman tanpa adanya pengumuman dan sosialisasi terlebih dahulu dan akibatnya… PLN digugat oleh Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Barat sebesar Rp 10 milyar.

API mengajukan gugatan karena perusahaan tekstil dan polimer di daerah Majalaya, Banjaran, Rancaekek, Leuwigajah, Cimahi, dan Padalarang mengalami kerugian akibat pemadaman listrik yang dilakukan PLN. Kerugian tersebut timbul karena perusahaan tetap harus membayar upah buruh di saat proses produksi terhenti. Selain itu, pengiriman barang kepada pembeli juga tertunda. Hal tersebut terjadi karena PLN tidak menyampaikan pengumuman dan sosialisasi jauh-jauh hari. Perusahaan tekstil dan polimer menerima pemberitahuan dari PLN hanya 10 menit sebelum pemadaman melalui telpon sehingga tidak mungkin bagi perusahaan tersebut untuk melakukan persiapan.

Semoga hal ini menjadi pelajaran bagi PLN dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s