Dunia Sudah Gila…

Coba perhatikan apa yang menjadi headline di surat kabar atau televisi nasional beberapa hari terakhir ini. Sebuah berita tentang seorang kyai yang menikahi seorang gadis berumur 12 tahun…! Sangat disayangkan seseorang yang katanya kyai sampai melakukan hal seperti itu. Benar-benar… dunia ini sudah sakit dan gila.

Saya memahami bahwa pernikahan merupakan domain pribadi si kyai dan pernikahan tersebut telah disetujui oleh orangtua si gadis serta diperbolehkan oleh agama, tapi saya mencoba untuk melihat dari sisi lain.

1. Dari segi mental. Apakah si gadis benar-benar siap menikah? Pernikahan bukan hanya masalah kebutuhan biologis dan nafsu belaka, tapi lebih dari itu. Dibutuhkan kedewasaan, komunikasi, dan pemahaman dari kedua belah pihak untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

2. Masa depan. Dengan melakukan pernikahan, gadis tersebut harus berhenti sekolah dan masa depan yang sudah terbentang terpaksa ditinggalkan. Padahal menurut informasi, prestasi akademik yang dimilikinya boleh dikatakan bagus.

3. Sikap adil. Memiliki istri lebih dari 1 memang diperbolehkan oleh agama, tetapi syarat-syaratnya cukup berat yaitu ADIL. Adil di sini bukan hanya masalah materi tapi juga masalah hati. Bisakah manusia membagi perasaannya dengan adil? Saya rasa cukup sulit…

Semoga saja, kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dan semoga saja pemerintah memberikan perhatian yang cukup terhadap masalah ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s