Merah Darahku Putih Tulangku

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti sebuah kursus yang diselenggarakan oleh IMF-STI. Kursus berlangsung selama 2 minggu dan membahas hal-hal yang berkaitan dengan dampak kebijakan fiskal yang ditetapkan oleh suatu negara terhadap perekonomian negara tersebut. Sebagai nara sumber adalah 3 orang tutor, yaitu1 dari Amerika, 1 dari India, dan 1 lagi dari Indonesia.

Yang menarik dari kursus tersebut bukan hanya materi yang diberikan tetapi juga sosok dari salah satu pengajarnya. Pengajar yang dari Indonesia, sebut saja Pak A memiliki background seorang akademisi. Beliau pernah menjadi dosen di sebuah universitas di Australia. Gelar S1, S2, dan S3 yang disandangnya, semuanya diperoleh dari universitas luar. Bahkan, sampai saat ini, beliau juga hidup dan mencari nafkah di luar negeri. Singkat kata, hampir sebagian besar waktunya dihabiskan di negeri orang.

Kehidupan di luar negeri tidak membuat Pak A lupa daratan. Selama di sana, beliau masih mengamati dan memperhatikan perkembangan yang terjadi di Indonesia. Bahkan selama kursus, beliau juga banyak berdiskusi dengan para peserta tentang keadaan perekonomian Indonesia dan langkah-langkah apa yang dapat diambil oleh pemerintah, khususnya dalam menghadapi ancaman krisis yang disebabkan oleh subprime mortgage crisis di Amerika.

Pemikiran-pemikiran yang disampaikan sangat masuk akal dan layak untuk diterapkan. Sekarang tinggal bagaimana caranya agar solusi yang ditawarkan dapat diadopsi oleh pemerintah. Sudah saatnya pemerintah memperhatikan orang-orang seperti Pak A ini. Banyak orang-orang kita yang hidup di luar negeri tetapi masih concern terhadap negaranya. Tidak seperti politikus-politikus di dalam negeri yang lebih mementingkan dirinya sendiri dan partainya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s