Berburu Camcorder “Murah”

Beberapa hari ini saya disibukkan dengan kegiatan memandangi layar notebook untuk mencari informasi mengenai video camera recorder atau yang biasa disebut dengan camcorder. Rencananya camcorder tersebut hanya akan digunakan untuk mengabadikan momen-momen keluarga dan bukan untuk kepentingan komersil maupun profesional. Kriteria yang saya susun untuk camcorder idaman sangat sederhana, yaitu :

1. Merek terkenal
2. Harga tidak lebih dari AU$ 500.00
3. Model konvensional (kotak, layar flip)

Dari hasil menjelajah internet, muncullah beberapa kandidat yaitu Sony DCR-SR47, JVC Everio GZ-MG630, JVC Everio GZ-MS120 dan Canon Legria FS200.  Dari ketiga pilihan tersebut, saya tartarik pada camcorder Sony dan hampir saja membelinya. Tapi tanpa sengaja saya menemukan sebuah artikel di Cnet yang menyatakan bahwa jenis camcorder yang menjadi trend-setter saat ini adalah flash camcorder dengan format high definition. Dalam hati saya bergumam, “Wah, berarti si Sony tadi termasuk generasi tua donk”.

Sebagai seorang konsumen, saya ingin barang yang sudah dibeli bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Terlintas dalam pikiran untuk membeli camcorder dengan spesifikasi yang masih baru, yang beberapa tahun ke depan masih bisa digunakan dan tidak ketinggalan jaman.

Namun satu masalah muncul berkenaan dengan bertambahnya 2 kriteria tersebut. Harga camcorder dengan media penyimpanan flash dan berformat high definition dari produsen ternama (Sony, JVC, Canon dan Panasonic) telah melebihi budget yang telah ditetapkan. Melihat kenyataan tersebut, saya hampir saja putus asa dan kembali memilih standard definition camcorder.

Untunglah saya menemukan situs ini dan dari informasi yang ada, rupanya masih tersedia high definition flash camcorder dengan harga di bawah budget. Pilihan akhirnya saya jatuhkan pada  Sanyo Xacti VPC-FH1 mengingat camcorder tersebut memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, ditambah dengan beberapa nilai plus yaitu kecil, ringan dan dilengkapi dengan kamera 8 mega pixel

Sebagai pertimbangan lainnya, camcorder tersebut juga menghasilkan karya yang baik. Mengapa saya bilang demikian? Karena saya menemukan beberapa contoh film pendek di YouTube yang menggambarkan kinerja camcorder dimaksud. Akhir kata, saya putuskan membeli camcorder tersebut melalui situs belanja online Ebay dan akan dikirim ke rumah dalam waktu 3-5 hari ke depan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s